Senin, Oktober 06, 2014

MH 1 : Anemon Laut


Pernah lihat makhluk diatas? Pasti pernah kalau kalian suka nonton Spongebob! Nah sekarang pertanyaanya kalau kalian ngeliat gambar diatas, yang terlintas diotak kalian itu apa? Pasti kalian berpikir itu adalah tanaman. Tapi kenyataanya nggak! Anemon Laut itu HEWAN. Ya emang sih rasanya agak sulit dipercaya kalau makhluk seperti itu ialah hewan, tapi dunia emang dipenuhi hal hal unik, jadi yah... berusahalah untuk percaya soal ini, hehe ._.v Noh baca terus ya kalau mau tau hal lebih lanjut~


Kingdom  : Animalia
Phylum    : Cnidaria
Class        : Anthozoa
Subclass : Hexacorallia
Order        : Actiniaria

Anemon laut adalah hewan invertebrata (tidak punya tulang belakang) yang masuk golongan Coelenterata (hewan berongga) yang dibagi menjadi 2, yaitu Ctenophora (Bangsa ubur ubur) dan Cnidaria (Bangsa koral, anemon dan lain lain).

Bentuk tubuh anemon seperti bunga,sehingga juga disebut mawar laut. Lalu da lipatan yang bundar di antara badan dan keping mulut sehingga membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat "fossa". Keping mulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis Limnactinia, keping mulut tidak dilengkapi dengan tentakel.Istimewanya tentakel Anemon itu punya Sel Penyengat. Sel Penengat yang sering disebut Nematokis ini berfungsi untuk melindungi diri dari serangan predator.

Medusa Anemone
Polyp Anemone

Kalau kata buku Philosphy of Biological Science, Anemon dibagi jadi dua, yaitu Polip dan Medusa. Medusa itu anemon yang berenang dengan riangnya menikuti arus air laut sedangkan Polip itu anemon yang hanya melekat di bebatuan. Oh ya, Anemon biasanya bisa diliat di tempat yang banyak terumbu karangnya tapi dangkal. Jarang sekali kita bisa ngeliat anemon di tempat yang tutupan terumbu karangnya tinggi.

Sumber : Anne Ahira Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger